Sabtu, 13 Agustus 2011

WUDHU', DO'A & DZIKIR SETELAHNYA

WUDHU’, Doa / Dzikir Setelahnya

 
2 Votes
Berdo'a
Selesai berwudhu disunnahkan bagi kita untuk membaca zikir setelah wudhu (Syarah Shahih Muslim, 3/121) seperti zikir yang disebutkan ‘Umar ibnul Khaththab radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau pernah bersabda:
مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ أَوْ فَيُسْبِغُ الْوُضُوْءَ ثُمَّ يَقُوْلُ: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ، إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ، يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ
“Tidak ada seorang pun dari kalian yang berwudhu lalu ia baguskan wudhunya kemudian ia berkata, ‘Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah dan Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya’, melainkan akan dibukakan untuknya pintu-pintu langit yang delapan, ia dapat masuk dari pintu mana saja yang ia inginkan.” (Sahih, HR. Muslim no. 234)
Dalam lafadz lain ada tambahan:
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
“Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah satu-satu-Nya. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.” (Sahih, HR. Muslim no. 234)
Dalam riwayat at-Tirmidzi rahimahullah ada tambahan:
اللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
“Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang membersihkan/ menyucikan dirinya.” (Disahihkan oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi no. 48 dan Shahih Sunan Ibnu Majah no. 267)
Wallahu ta‘ala a‘lam bish-shawab.

Sumber:
Titian Tuk Menundukkan Wajahku Dihadapan-Mu bagian 3 (Seputar Hukum Islam edisi 6. Penulis: Al-Ustadz Abu Ishaq Muslim al-Atsari. www.asysyariah.com/syariah/seputar-hukum-islam/708-titian-tuk-menundukkan-wajahku-dihadapan-mu-bagian3-seputar-hukum-islam-edisi-6.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar